Jenis jenis Break Out pada Support Resistance

Pola pergerakan harga, saat terjadinya Break out melewati batasan batasan support resistance, dan kemudian terjadi Flip/Role reversal, akan memiliki 3 jenis Break Out.


1. Break out dengan 1 candle besar (Marubozu)

Sebuah batasan SNR, akan di break out dengan volume candle yang besar, Anda akan banyak sekali menemukan pola pola semacam ini di Market apapun dan di pair manapun, bahkan terjadi dari Time Frame terbesar hingga time frame terkecil.



2. Break out dengan Candle patahan

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang Candle patahan, maka saya merasa perlu untuk membahas psikologi dari candlestick marubozu yang terbentuk. Saat terjadinya pergantian candle pada satu periode pergerakan harga, misal : Time Frame Daily, setiap pergantian hari, maka candle baru akan terbentuk. Dimulai dari pembukaan pasar hingga penutupan penutupan market pada session amerika. kita ambil contoh terjadinya kenaikan pada satu periode (Bullish Trend).

Di mulainya Open market Asia, harga berada posisi dari (Open), lalu beberapa jam berikut nya, harga sempat mencapai titik terendah harga (Low), kemudian akhirnya kembali lagi naik dan bertahan sampai titik tertinggi harga (High) saat session Pembukaan Market Amerika. Menjelang penutupan market amerika di pagi hari, harga cenderung sideway dan akhirnya ditutup pada candle pada posisi (Close).

Candle Patahan Bullish

Kita ambil contoh, pada time frame daily, saat terjadinya bullish trend, Pada hari rabu, Candle Daily terbentuk 1 candle bullish marubozu dan di lanjutkan kemudian sampai di hari kamis, titik temu high dan low dari dua candle marubozu yang mengapit ini lah yang di sebut sebagai "Candle patahan"




Mari kita lihat contoh di chart, pada (Gambar 3.15), kita melihat bagaimana candle patahan bullish terjadi pada Resistance become support, dan ketika harga pertama kali mengunjungi level ini (First Time Back/FTB), maka high probabilitynya adalah terjadinya bounce back (mantul), dibandingkan di break. Di Bab berikutnya Supply And Demand, kita akan bahas lebih detail, apa yang mendasari, candle patahan menjadi alasan sebagai batasan support resistance.

3. Break out dengan Candle base

Pergerakan harga di Market, akan selalu membentuk pola uptrend, down trend dan sideway secara bergantian, yang membedakan adalah skala range besaran pips nya.

Fakta sederhana harga tidak pernah bergerak dalam garis lurus, selalu bergerak zigzag.
Disebut down trend, ketika terjadi puncak/swing high dan lembah/swing low yang semakin menurun, uptrend, membentuk puncak/swing high dan lembah/swing low yang semakin meninggi, Sedangkan pola sideway, puncak-puncak dan ke dasar yang terbentuk hampir sama.

Pada saat trend berjalan, kita melihat terjadi konsolidasi/sideway atau gerak istirahat/pause. Setelah kenaikan/penurunan yang tajam. Ini adalah pola continuation/pola kelanjutan trend. Logika sederhananya, anda bayangkan saat Mobil melaju kencang Jakarta ke Bandung di Jalan Tol, ini adalah trend yang sedang berjalan. Di waktu yang lain ada jeda waktu istirahat, di mana mobil berhenti di Rest Area, ini adalah fase konsolidasi/sideway.

 

Pada (Gambar 3.17), Di Chart kita melihat bahwa, 3 pola dasar uptrend/rally, down trend/drop dan sideway/base terjadi bergantian. Mari kita fokus sejenak ke pola Rally base Rally (RBR) dan Drop Base Drop (DBD), ini adalah pola kelanjutan trend/continuation trend, dimana sebagai rest area/trend pause, Saat bullish trend, harga membentuk gerakan rally, sideway, lalu dilanjutkan rally kembali.

Pola rally base rally saat break out resistance, adalah pola kelanjutan, tanda panah biru adalah halte entry on pullback/koreksi pada fase uptrend, demikian juga pada saat terbentuknya drop base drop ketika down trend. Pada panah merah entry bisa dilakukan ketika pullback.
Setelah mengetahui jenis break out diatas, ini tidak kalah pentingnya untuk menentukan kunci dari snr yaitu SNR Key Levels.

Belum ada Komentar untuk "Jenis jenis Break Out pada Support Resistance"

Posting Komentar

Komentar yang relevan dengan isi artikel akan di approve :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel